1 Mei 2013

SAAT YANG PALING MENGERIKAN NAMUN TERUS DIULANG



Perasaan sedih dan menjadi miskin adalah hal yang paling mengerikan saat dating dalam hidup kita. Miskin artinya tidak ada uang atau cukup materi untuk membeli sesuatu. Penyebab miskin ada beberapa hal. Sesorang tidak mempunyai keahlian khusus yang dibutuhkan orang lain, sehingga dia tdak mampu menukar keahliannya dengan uang. Atau bisa juga uang secara rutin telah diperolehnya, namun dalam sekejap mata uang telah lenyap menjadi sesuatu hal yang tidak berarti.

Tampaknya orang dengan tipe kedua lebih banyak kita temui. Sungguh Allah Maha Kaya, tidak pernah membiarkan hambaNya lapar tanpa makanan. Manusia dibekali akal agar mampu mencukupi diri dan keluarganya dalam hal kecukupan rejeki. Namun, saat kebiasaan tanpa perhitungan alias besar pasak daripada tiang alias boros telah menjadi hobi, maka rejeki sesering apapun dan sebanyak apapun dating tetaplah orang itu mengalami saat yang paling mengerikan, yaitu miskin.

Menjadi miskin harta adalah hal yang paling mengerikan dari sekian hal pengalaman menjadi manusia. Miskin bisa disebabkan oleh ketidak mampuan seseorang untuk menukar keahlian yang dimiliki dengan sejumlah uang. Ketidak mampuan ini bisa berarti keahlian yang rendah sampai ketidakmampuan dalam meraih pasar yang dituju. 

Penyebab miskin yang lain adalah karena sifat boros yang dimiliki seseorang. Ketika uang habis dipakai untuk belanja, orang seringkali mengeluh, dan berharap kedepan akan lebih baik lagi dalam pengelolaan keuangan. Akan tetapi kejadian “uang habis” akan terulang lagi pada bulan-bulan berikutnya. Tidak adanya perubahan riil yang terjadi menyebabkan seseorang menjadi lemah tak berdaya menghadapi keadaan. Sifat boros sebenarnya bisa diatasi dengan mudah, asalkan ada ketetapan hati yang kuat. Jangan lagi membenci keadaan, namun penyebabnya terus dipupuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar