28 Feb 2013

Hei, Dentist! Keep Learning



Saya bertanya pada salah satu teman sejawat PPDGS (Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis) Bedah Mulut dan  Maksilofasial, drg. Fredy Mardiyantoro, “Apa tips mencabut gigi geraham biar bisa gampang?”. Jawabnya “Learning by doing.” Saya kagum dengan kemampuannya odontektomi molar 3 pasien-pasien saya.
Dari perbincangan berikutnya, drg. Agus El Arief Sp. Ort mengatakan masuk sekolah spesialis itu harus diawali niat dan semangat. Uang nomor kesekian. Yang penting masuk dulu, biayanya bisa diatur. “Saya dulu masuk PPDGS Orthodonsia meminta keringanan pada dekan dengan mengangsur uang pendaftarannya. Dulu masih 12 juta, itupun saya angsur.”
Di akhir seminar, drg. Achmad Sjafei Sp. Ort. (K) berpesan, “ Ilmu itu untuk dibagi, bukan hanya disimpan.” Beliaupun bersedia menjadi narasumber Rubrik Konsultasi Delta Dentistry.
Saya teringat Firman Allah SWT, ".. bertanyalah kamu kepada orang-orang yang berpengetahuan agama jika kamu tidak mengetahuinya." (An-Nahl: 43) dan “Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat”(Al-Mujaadilah : 11).  Rasulullah SAW bersabda: "Menuntut  ilmu adalah satu fardu yang wajib atas tiap-tiap seorang Islam."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar